Pages

PC Rakitan Untuk Game Dengan Budget Minim

PC Rakitan Untuk Game Dengan Budget Minim

pc rakitan Seperti namanya PC Rakitan Untuk Game, jadi komputer yang dirakit dan dimaksimalkan untuk keperluan game-game berat atau HD. Memang sih kalo untuk urusan game ada yang lebih praktis daripada pc yaitu konsol video game, seperti PS3, XBOX 360, PS4 dan XBOX ONE tapi, ane gk akan bahas itu disini mungkin nanti dilain waktu dan kesempatan. perlu diketahui komponen yang digunakan pada pc untuk office atau sekedar main game ringan juga sama saja dengan yang digunakan untuk main game berat.

Namun pada PC untuk game ada komponen yang dimaksimalkan ataudibuat lebih menonjol, dikarenakan system requirement yang dibutuhkan game HD sendiri terbilang cukup tinggi. Beberapa komponen atau hardware dalam pc yang perlu dimaksimalkan untuk keperluan game yaitu:

  1. Video Card (VGA)
  2. Processor (CPU)
  3. Memory (RAM)

Nah ketiga komponen diatas haruslah lebih diutamakan supaya lancar dalam peng-oprasiannya. Apalagi di era modern ini banyak sekali game-game keluaran terbaru yang membutuhkan hardware yang cukup tangguh. Berbeda halnya dengan pc yang digunakan untuk browsing saja, tidaklah terlalu membutuhkan hardware yang tinggi. Tapi, untuk game, Hardware yang ditanamkan pada komputer haruslah mumpuni dan mampu atau setidaknya setara dengan minimum system requirement yang di berikan game yang akan di install dan dimainkan pada komputer kita.

Contohnya game berat yang membutuhkan hardware tinggi seperti Assasinss Creed Unity yang minimum system requirement di situs resminya ditulis :

Minimum System Requirement AC Unity


Assasinss Creed Unity
CPU Intel Core i5-2500K @ 3.3 GHz or AMD Phenom II x4 940 @ 3.0 GHz or AMD FX-8350 @ 4.0 GHz
RAM 6 GB
OS Windows 7 SP1, Windows 8/8.1 (64-bit operating system required)
Video Card NVIDIA GeForce GTX 680 or AMD Radeon HD 7970 (2 GB VRAM)
Sound Card Yes
Free Disk Space 50 GB

Bisa kalian lihat sendiri kan betapa monsternya hardware yang dibutuhkan game AC Unity ini. Kita tau sendiri pc dengan sepesifikasi seperti diatas sangatlah menguras dompet orang-orang kalangan bawah seperti ane ini. Itupun hanya sebatas minimum sudah membutuhkan VGA sekelas GTX 680 dan Processor Intel Core i5-2500k yang harganya bisa mencapai 10 juta untuk dua komponen tersebut. Apalagi kalau yang recomended nya bisa lebih tinggi lagi loh,waw kan.

Wah ternyata untuk main game di pc itu perlu budget yang cukup tinggi ya,memang sih itu bukan masalah bagi mereka yang berdompet tebal tapi, bagi ane jelas masalah. Satu lagi gamers kan bukan orang-orang yang berduit doang, orang kalangan bawah pun banyak sekali penggila game termasuk ya ane ini. Nah pasti kan penggila game itu mau juga mencicipi game HD terbaru yang keren dan semakin memanjakan mata yang memainkannya.

Terus bagaimana dong caranya supaya kita bisa memainkan game terbaru tersebut dengan budget terbatas. Terbatas disini yaitu tidak terlalu tinggi sampe puluhan juta tapi,cukuplah dengan budget 7-8 juta itupun sudah termasuk Monitor,Keyboard dan Mouse. Kita akan mengakalinya dengan cara meminimalisir hardware yang akan kita pakai untuk PC Rakitan Game kali ini

Ane kasih bocoran dikit ni gan.
-Jadi sebenarnya system requirement game tidaklah seketat itu, tidak selalu harus sama percis dengan apa yang di tulis pada system requirement game itu sendiri. Bahkan malah ada yang cukup lancar memainkannya dengan spek pc yang jauh lebih rendah dari minimum system requirement game tersebut. menurut pengalaman ane ni, game yang diharuskan menggunakan VGA sekelas gtx 680 dan core i5 2500k itu masih bisa dimainkan kok pada VGA gtx 750 dan processor hanya intel pentium G3258 yang sudah di overclok, alhasil lumayan cukup lancar kok meski hanya rata-rata 25 fps

Sesuai judul diatas ane utarakan. Pc rakitan untuk game itu cukuplah memaksimalkan VGA Card saja, karena pada game fungsi VGA sangatlah vital daripada processor. Jadi peran processor disini tidaklah menjadi hal yang utama, tidak selalu memerlukan Processor yang super cepat semacam intel core i5 atau bahkan intel i7 yang menyiksa isi dompet. Meskipun pada beberapa game yang di sebut-sebut CPU bound memang membutuhkan processor yang cepat.

Tapi tenang saja itu hanya sebagian kecil kok,kebanyakannya yang wajib bagus itu vga tidak perlu processor juga ikut-ikutan tinggi itu malah menguras dompet. Meskipun teori Bottleneck (Kinerja jadi kurang seimbang) banyak beredar tetapi, teori itu tidak sepenuhnya benar kok jadi tenang aja selagi kita menggunakan processor versi terbaru, meski hanya dual core yang penting clock speed nya harus cukup tinggi, minimal 3.0Ghz itu sudah bisa mengimbangi kinerja vga med - high end.

Ok jadi kesimpulannya, jika budget yang kita miliki cuma seadanya atau bisa disebut minim. Merakit komputer untuk game itu yang terpenting, cukuplah memaksimalkan VGA Card dulu kemudian Processor setelah itu barulah memaksimalkan RAM.

Kali aja agan minat rakit pc untuk game, ane ada saran ni :

Nama ProdukTipe ProdukHarga
Processor Intel core i3-4130 3.4Ghz Rp 1506.000
Motherboard ASUS H81M-E Rp 870.000
VGA Digital Alliance Geforce GTX 750 Ti Rp 1.770.000
Memory Team Elite Plus dual channel 8GB(2x4GB) Rp 640.000
Case Dazumba Dvito 689+PSU 450w Rp 510.000
Hardisk WDC 500GB SATA3 Rp 635.000
Total : Rp 5.931.000

Spek pc diatas sudah cukup mampu untuk memainkan semua game terbaru dengan sett low to med dan pada beberapa game bisa high bahkan ultra. Simulasi diatas hanya CPU only, kalo untuk monitor, mouse dan key silahkan sesuaikan sendiri dengan budget kalian.

Ok itulah yang bisa saya sampaikan perihal tips merakit pc dengan budget minim, kalo ada kesalahan mohon maaf ya gan.
Salam Newbie

1 comment

Komentar anda adalah inspirasi bagi saya !

 

Most Reading

Powered by Blogger.